Era globalisasi telah membuka akses hubungan timbal balik antara perguruan tinggi sebagai salah satu pencetak calon tenaga kerja dengan user.  Hal tersebut bertujuan untuk mencetak lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Sebagai salah satu usaha untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, Fakultas Matematika dan Ilmu Komputer (FMIKOM) Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) mengadakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan.

Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu matakuliah wajib bagi seluruh mahasiswa Fakultas MIKOM, dengan beban 4 SKS. Keberadaan Praktek Kerja Lapangan dimaksudkan untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan tool/metode keilmuan dalam mengidentifikasi masalah hingga penyusunan solusi alternatif terhadap masalah yang ditemukan.

Praktek Kerja Lapangan diharapkan dapat menjadi wahana latihan bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, sehingga diharapkan dapat menambah wawasan serta keahlian dalam penerapan ilmu. Melalui mekanisme PKL, mahasiswa diharapkan dapat menemukan permasalahan nyata yang membutuhkan solusi secara lengkap dan jelas. Dalam hal ini, mahasiswa dapat meningkatkan kapasitas PKL ini agar tidak hanya sebagai rutinitas praktek semata, namun menjadi suatu permasalahan yang nantinya dapat diangkat menjadi tugas akhir mahasiswa.

Ruang lingkup Praktek Kerja Lapangan Fakultas MIKOM UNUGHA meliputi bidang Matematika Komputasi, Statistika, Matematika Terapan, Sistem Informasi Manajemen, Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Pakar, Multimedia, Sistem Jaringan Komputer dan Rekayasa Perangkat Lunak yang dijabarkan pada bagian Materi. PKL FMIKOM UNUGHA memiliki dua konsep utama, yaitu magang dan penggalian data. Konsep magang dirancang dalam bentuk kerja praktek yang dilakukan oleh mahasiswa pada suatu instansi/perusahaan sesuai dengan posisi pekerjaan yang direncanakan atau yang ada dalam instansi/perusahaan tersebut. Sedangkan konsep Penggalian data dimaksudkan untuk perancangan solusi alternatif berdasarkan data yang diperoleh pada instansi/perusahaan/lapangan lokasi Praktek Kerja Lapangan. Pemecahan masalah pada konsep penggalian data lebih dititikberatkan dalam bentuk best practice solution pada bidang atau aspek tertentu.